Penglihatan Terancam karena Macam-macam Penyakit Retina

Penyakit mata yang bisa sangat memengaruhi penglihatan bukan hanya rabun ataupun katarak dan glaukoma. Nyatanya banyak jenis penyakit retina mata yang bisa memengaruhi kondisi penglihatan Anda. Rata-rata pula, penyakit yang terjadi di retina mata dinilai cukup gawat mengingat fungsi bagian mata yang satu ini sangat penting.

penyakit retina

Retina sendiri merupakan bagian mata yang berfungsi mengirimkan bayangan yang ditangkap mata untuk  kemudian ditransfer ke bagian otak guna bisa memperoleh gambar yang jelas. Jika retina terganggu, Anda akan sulit menentukan bayangan yang sedang Anda lihat. Keburaman sampai tidak mampu melihat sama sekali akhirnya menjadi risiko yang semakin jelas terjadi jika Anda terkena penyakit retina.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit retina yang mesti Anda waspadai. Pasalnya, berbagai penyakit di bawah ini sangat mengancam penglihatan Anda dan membutuhkan pengananan medis segera guna meminimalkan risiko keparahannya.

  1. Ablasi Retina

Jenis penyakit retina yang satu ini awa mulanya terjadi karena adanya cairan di bawah retina. Cairan tersebut menimbulkan risiko retina menjadi tersobek. Retina pun menjadi terangkat dan berpindah posisi dari tempat normalnya. Ablasi retina pada tahap awal akan membuat jaringan parut yang memberikan pandangan berbayang pada penderitanya. Namun jika sudah tahap parah, abalasi retina bahkan bisa mengakibatkan kebutaan yang bersifat permanen.

  • Lubang Makula

Retina bisa mengalami cacat yang umumnya terjadi di bagian belakang mata atau macula. Cacat yang dimaksud di sini dapat berbentuk lubang kecil di bagian retina sehingga membuat pandangan penderitanya menjadi tidak fokus dan berbayang. Umumnya, lubang makula pada retina terbentuk akibat adanya cedera yang dialami mata.

  • Deregenerasi Makula

Deregenrasi manula merupakan penyakit retina yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. Penderita penyakit ini terjadi karena menurunnya fungsi bagian tengah retina sehingga menimbukan penglihatan yang samar sekaligus menimbulkan titik buta. Deregenerasi makula sangat berhubungan dengan usia. Orang-orang dengan usia di atas 55 tahun lebih rentan terkena masalah penglihatan yang satu ini.

  • Retinitis Pigmentosa

Penyakit retina ini merupakan masalah gangguan penglihatan yang membuat fungsi fotoreseptor di retina menjadi berkurang dari waktu ke waktu. Merupakan jenis penyakit genetik, penderita yang terkena retinitis pigmentosa bisa kehilangan kemampuan melihat dari samping dan ketika malam hari. Sementara di luar kondisi tersebut, penglihatan penderita juga akan buram.

  • Retinopati Diabetik

Bagi penderita diabetes, ada suatu penyakit retina yang rentan diidap, yakni retinopati diabetik. Masalah penglihatan yang satu ini disebabkan adanya komplikasi diabetes yang menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah retina. Kerusakan tersebut membuat pandangan penderita menjadi kabur karena kondisi retina yang membengkak.

  • Floaters

Pernahkan Anda cenderung melihat bintik-bintik kecil dalam penglihatan Anda? Jangan dianggap remeh sebab kondisi tersebut merupakan jenis penyakit retina yang dikenal sebagai floaters. Kondisi gangguan penglihatan ini terjadi karena zat jeli yang dibentuk di mata mendadak menjadi lebih cair dan membentuk bayangan pada retina. Awal mulanya bintik-bintik yang Anda lihat akibat floaters hanya berupa titik kecil, namun bisa semakin membesar dan sangat mengganggu penglihatan secara menyeluruh jika dibiarkan lebih lama.

  • Retinopati Prematur

Anak yang terlahir prematur memiliki risiko terkena retinopati prematur. Ini merupakan penyakit retina yang disebabkan tidak sempurnanya perkembangan pembuluh darah di bola mata yang menyebabkan pendarahan pada retina. Pendarahan yang terjadi awalnya mungkin tidak terasa mengganggu penglihatan, namun risiko masalah penglihatan semakin terbuka lebar jika mata sedikit terkena cedera ataupun ketika seseorang tersebut terserang penyakit kronis lain.

*** Penglihatan yang terganggu tentu juga bisa sangat mengganggu aktivitas Anda. Karena itu, jika Anda merasakan gejala gangguan penglihatan, cobalah segera berkonsultasi ke dokter. Jangan-jangan gejala yang Anda rasakan tersebut merupakan jenis penyakit retina yang bisa semakin parah dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*