5 Jenis Olahraga Bela Diri Terbaik untuk Anda

Ada banyak alasan kenapa seorang memilih bela diri sebagai aktivitas. Ada yang menginginkan kedisplinan mental yang lebih besar, ada juga yang mengejar keterampilan untuk melindungi diri dari situasi berbahaya yang mengancam jiwa.

Belajar bela diri untuk perlindungan diri merupakan bagian dari evolusi manusia untuk bertahan dari ancaman yang ada. Tapi belakangan bela diri dipilih karena bisa memberikan mafaat kebugaran dan kesehatan. Apa saja jenis bela diri yang bisa Anda pilih? Simak 5 di antaranya berikut ini!

  1. Muay Thai

Muay Thai atau yang lebih dikenal dengan sebutan Thai Boxing merupakan olahraga bela diri yang dikembangkan di Thailand. Olahraga ini terkenal karena kecepatan dan keterlibatan banyak anggota tubuh dalam gerakannya. Dengan memanfaatkan tinju, siku, lutut dan tulang kering, Thai Boxing membuat pertarungan berlangsung efisien.

Meskipun kurang efektif untuk pertahanan diri daripada seni bela diri lainnya karena kurangnya penekanan pada teknik darat, Muay Thai adalah latihan yang mematikan, menjadikannya salah satu seni bela diri terbaik untuk kebugaran.

  • Jiu Jitsu Brazil

Brazilian Jiu-Jitsu, atau lebih tepatnya disebut sebagai BJJ, adalah gaya bertarung yang menempatkan signifikansi yang sangat besar pada pertarungan bergulat dan grounding. Brazilian Jiu-Jitsu secara fisik menuntut banyak gerakan. Olahraga ini memadukan latihan aerobik dan anaerobic menjadikannya salah satu seni bela diri terbaik untuk kebugaran.

  • Mixed Martial Arts/MMA

Sama seperti namanya, Mixed Martial Arts atau lebih populer disebut MMA merupakan perpaduan teknik yang efektif yang bersumber dari berbagai seni bela diri. Karena menggabungkan teknik yang paling efektif dari semua gaya, ini jadi alasan kenapa MMA akan selalu menjadi salah satu seni bela diri terbaik untuk kebugaran yang bisa Anda pilih. Bonusnya lagi, MMA adalah pilihan bela diri terbaik yang bisa melindungi Anda dari berbagai jenis kejahatan di luar sana.

  • Gulat

Seperti BJJ, gulat banyak menggunakan gerakan grounding. Gulat banyak menggunakan tubuh bagian atas dan berfokus pada kendali lawan. Meskipun terdengar kurang bagus untuk membela diri, begitu Anda berhasil menjatuhkan lawan ke tanah maka pertarungan selanjutnya akan jadi lebih mudah. Dibanding Jiu Jitsu, gulat dianggap lebih baik terutama untuk menurunkan berat badan karena fokusnya dalam gerakan pertahanan.

  • Taichi

Jika Anda mencari olahraga bela diri yang tidak terlalu menguras tenaga atau mencari opsi pemanasan, Taichi adalah pilihan terbaik. Taichi berfokus pada keseimbangan dan penguatan otot tubuh dan cocok dicoba oleh Anda yang belum terlalu familier dengan bela diri.

Jika Anda sudah memastikan jenis olahraga bela diri terbaik apa yang ingin Anda lakoni, jangan lupa mencari tahu lebih lanjut. Berkonsultasi pada ahlinya juga akan membantu Anda menemukan opsi terbaik yang paling pas mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*