Hadapi Quarter Life Crisis dengan Melakukan Hal Ini

Pernahkah Anda merasa tak punya tujuan hidup? Atau, Anda merasa gelisah dan rendah diri karena hidup yang dijalani tak sesuai dengan harapan? Jika Anda merasakan hal-hal ini, bisa jadi Anda tengah berada di situasi quarter life crisis.

quarter life crisis

Apa itu quarter life crisis?

Quarter life crisis merupakan masa yang dilalui dalam rentang usia 20-30 tahun, atau saat Anda memasuki kehidupan dewasa. Saat melewati masa ini, Anda mungkin akan merasa cemas memikirkan masa depan, terutama saat Anda baru saja lulus kuliah atau memasuki dunia kerja.

Menurut ilmuwan, usia 25 hingga 30 tahun adalah masa ketika seseorang cenderung melihat masa depan. Hal ini didorong oleh pengalaman baru yang telah didapat dalam jenjang karier pertama atau pendidikan formal. Pada masa ini, Anda mungkin merasa bahwa apa yang Anda jalani selama ini tidak sesuai dengan diri Anda.

Berbeda dengan mid life crisis dan late life crisis, masa quarter life crisis lebih banyak dipicu oleh faktor-faktor yang muncul dari dalam diri, seperti pertanyaan tentang apa yang ingin Anda lakukan di masa depan dan siapa diri Anda sebenarnya. Pertanyaan ini bisa muncul dari harapan dan ekspektasi yang kita miliki saat kecil.

Seseorang bisa merasa semakin gelisah pada masa depannya apabila Anda merasa tidak memiliki tujuan apa pun, atau memiliki tujuan namun tujuan tersebut sangat tidak realistis. Dengan kata lain, kecemasan yang Anda rasakan pada masa ini berpusat pada rasa frustasi Anda sendiri terhadap tekanan untuk memiliki kehidupan yang sesuai dengan ekspektasi.

Cara menghadapi quarter life crisis

Quarter life crisis adalah periode yang pasti akan dilalui oleh semua orang saat menginjak usia awal 20-30 tahun. Pada masa ini, sangat wajar bila Anda merasa cemas dan terus memikirkan masa depan Anda.

Terlalu mecemaskan masa depan bisa memberikan pengaruh negatif bagi kondisi mental Anda. Oleh sebab itu, untuk bisa mengatasi quarter life crisis, Anda bisa melakukan beberapa upaya berikut ini:

  • Tetap tenang dan jangan panik

Saat memasuki quarter life crisis, Anda mungkin menyadari bahwa apa yang Anda jalani selama ini bukanlah kehidupan yang sebenarnya Anda inginkan. Kebanyakan orang menjadi panik ketika menyadari bahwa mereka telah menjalani hidup mereka pada jalan yang salah. Namun, kepanikan ini sebetulnya tidak perlu terjadi.

Ketika Anda merasa salah jalan, tetaplah tenang dan pikirkan solusi yang tepat. Rasa panik dan upaya untuk tergesa-gesa memperbaiki jalan hidup hanya akan membuat Anda semakin khawatir.

  • Kenali petunjuk pribadi

Setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai apa yang penting dan tidak. Anda perlu mengetahui apa yang Anda rasa penting di usia Anda saat ini agar bisa mendapatkan arah yang jelas dalam hidup.

Untuk dapat mengetahui apa yang Anda anggap penting, Anda bisa mencoba untuk menanyakan hal-hal ini pada diri sendiri: apa yang Anda sukai, apa keahlian Anda, dan apa yang dunia butuhkan.

  • Rencanakan tindakan berikutnya

Setelah mengetahui apa yang menjadi kesenangan dan keahlian Anda, kini saatnya untuk membuat perencanaan. Pikirkan apa yang akan Anda lakukan, yang kira-kira sejalan dengan keahlian serta hal yang Anda sukai.

Jangan mencari-cari alasan untuk menunda langkah berikutnya. Anda harus bisa bertanggung jawab dan memiliki komitmen untuk menghidup kehidupan Anda sendiri. Itulah hal-hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi quarter life crisis. Jangan terlalu cemas pada masa ini, karena ini adalah hal yang wajar dan pasti dilalui oleh semua orang.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*