Cara Menjaga Kebersihan Diri dari Bakteri dan Kuman

Setiap harinya, Anda akan melakukan kontak langsung dengan jutaan bakteri dan virus yang ada di sekitar Anda. Bakteri dan virus tersebut dapat menempel pada tubuh, dan dalam kasus tertentu, dapat menyebabkan Anda sakit. Dengan mengetahui cara menjaga kebersihan diri, Anda tidak hanya dapat melindungi diri Anda sendiri dari penyakit berbahaya seperti SARS, MERS, dan Corona, tetapi juga orang lain di sekitar Anda. Selain itu, menjaga kebersihan diri dengan baik juga dapat memberikan tampilan yang lebih segar dan menarik. Ada berbagai macam cara menjaga kebersihan diri, mulai dari kebersihan sehabis menggunakan toilet hingga menjaga kesehatan gigi. Artikel ini akan membahas hal tersebut dengan lebih terperinci.

Jenis kebersihan diri

Standar kebersihan diri tiap orang berbeda. Beberapa kategori berikut ini akan menunjukkan cara menjaga kebersihan diri yang dapat Anda ikuti.

  • Kebersihan setelah menggunakan toilet

Cuci tangan Anda dengan baik setelah menggunakan toilet. Gosok menggunakan sabun sekitar 20 hingga 30 detik, dan jangan lupa untuk benar-benar membersihkan di bagian sela-sela jari, bagian belakang tangan, dan di bawah kuku. Bilas menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk kering yang bersih. Apabila Anda tidak memiliki air yang mengalir atau sabun, membersihkan tangan menggunakan ‘hand sanitizer’ berbahan dasar alkohol juga dapat dilakukan. Gunakan produk ‘hand sanitizer’ yang mengandung sedikitnya 60 persen alkohol.

  • Kebersihan diri saat mandi

Seberapa sering Anda mandi setiap hari sangat tergantung pada pilihan pribadi. Namun, kebanyaka orang akan mendapatkan manfaat dari cara menjaga kebersihan tubuh ini apabila mereka mandi setidaknya sekali dalam sehari. Mandi menggunakan sabun dapat membersihkan sel kulit mati, bakteri, dan minyak. Anda juga perlu keramas setidaknya 2 kali dalam seminggu. Dengan keramas menggunakan sampo pada rambut dan kulit kepala, Anda dapat membersihkan penumpukan sel kulit mati dan melindungi kepala dari sisa-sisa minyak yang dapat membuat kulit iritasi.

  • Kebersihan kuku

Potong kuku dengan teratur dan jaga agar tetap pendek dan bersih. Sikat menggunakan sikat kuku khusus atau lap mandi agar kuman dan kotoran yang menumpuk. Dengan merawat kesehatan kuku, Anda dapat mencegah penyebaran kuman di mulut dan bagian bukaan tubuh lain. Penting diingat bahwa Anda harus menghindari menggigit gugu agar kuman tidak menyebar dan masuk ke dalam tubuh.

  • Kebersihan gigi

Kebersihan gigi yang biak tidak hanya sebatas gigi yang putih saja. Dengan mengetahui cara menjaga kebersihan gigi dan gusi, Anda dapat terhindar dari penyakit gusi dan gigi berlubang. Sikat gigi setidaknya 2 kali sehari. Cobalah untuk menyikat gigi saat Anda bangun tidur dan sebelum tidur. Apabila memungkinkan, sikatlah gigi setelah Anda makan. Lakukan flossing setiap harinya dan berkumur menggunakan obat kumur antibakteri. Cara-cara tersebut dapat mencegah gigi berlubang dan mengurangi terbentuknya kantong di antara gigi dan gusi yang dapat menjadi tempat bakteri dan kuman menumpuk dan berkembang biak.

Dengan melakukan cara menjaga kebersihan diri di atas, Anda bisa terhindari dari penyakit-penyakit berbahaya dan memiliki tubuh yang sehat. Kebersihan diri yang buruk tidak hanya akan membuat seseorang memiliki bau badan yang tidak sedap dan kulit berminyak saja, tetapi juga dapat mengancam kesehatan bagi seseorang. Misalnya saja, apabila Anda tidak melakukan cara menjaga kebersihan tangan dengan rutin, ada kemungkinan Anda akan tertular bakteri dan kuman penyebab penyakit seperti Corona.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*