Sering Merasa Nyeri Bahu Sebelah Kanan? Ini Penyebabnya!

Nyeri bahu kanan dapat disebabkan oleh hal sepele hingga penyakit berat

Nyeri pada otot yang terasa dapat mengganggu produktivitas sehari-hari. Salah satu nyeri otot yang dimaksud adalah nyeri bahu. Kondisi ini memang umum terjadi pada siapa saja. Namun, masalah kesehatan ini tidak boleh disepelekan. Bahkan ada orang yang mengalami nyeri bahu sebelah kanan saja. Pertanda apakah?

Secara umum, nyeri bahu sebelah kanan bisa disebabkan oleh adanya cedera atau penggunaan otot berlebihan hingga akibat adanya kerusakan saraf di area tersebut. 

Namun, perlu diperhatikan juga. Terkadang nyeri bahu sebelah kanan ini tidak melulu terkait dengan akibat adanya aktivitas fisik atau mengalami cedera saja. Kadang, kondisi ini menjadi gejala serangan jantung.

Penyebab Terasa Nyeri Bahu Sebelah Kanan

Secara umum, ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya rasa nyeri bahu sebelah kanan yang mungkin sering Anda alami, yaitu:

  • Penggunaan Otot Berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan dapat memicu terjadinya rasa nyeri di bagian bahu sebelah kanan. Anda akan mengalami gejala-gejala berupa otot nyeri dan lelah sebagai gejala awal. Kemudian setelah beberapa jam, akan muncul gejala baru. Cara terbaik untuk menguranginya adalah dengan melakukan pijit diri sendiri.

  • Swimmer’s shoulder

Swimmer’s shoulder adalah cedera bahu karena aktivitas berenang. Perenang mungkin akan rentan mengalami kondisi ini akibat melakukan pengulangan gerakan selama latihan. Jenis cedera yang terjadi juga beragam, seperti masalah pada tulang rawan, tendon, struktur persendian bahu, hingga masalah saraf.

Untuk penanganan cedera ini, biasanya dokter akan menyarankan agar beristirahat, kompres es batu, mengkonsumsi obat anti-peradangan nonsteroid, atau suntik steroid ke bahu. Jika sudah parah, mungkin saja akan dilakukan operasi sebagai alternatifnya.

  • Brachial Neuritis

Penyebab nyeri bahu sebelah kanan selanjutnya adalah jenis masalah saraf periferal yang dapat menyerang bahu, dada, lengan, hingga tangan. Gejala awal yang biasanya terjadi adalah terasa nyeri di bagian tubuh dan saraf yang tidak berfungsi secara optimal. Biasanya gejala akan terasa di bagian sisi tubuh yang lebih dominan saja.

Penyebab brachial neuritis ini biasanya karena infeksi bakteri, parasit, atau virus. Bagian luar bahu akan terasa nyeri secara mendadak bahkan akan semakin meningkat saat malam hari.

  • Disuse Syndrome

Tidak menggunakan bahu secara optimal untuk beraktivitas juga menyebabkan rasa nyeri. Disuse syndrome ini biasanya muncul karena kondisi fisik yang tidak aktif selama durasi waktu tertentu. Kondisi ini sering dialami oleh orang yang menjalani bedrest cukup lama.

Otot akan terasa kaku, lemah, menyusut, bahkan rentan mengalami cedera. Akan tetapi, jika kondisi disuse syndrome ini terjadi akibat kelumpuhan, maka biasanya ditangani dengan terapi.

  • Cedera Rotator Cuff

Nyeri bahu sebelah kanan juga biasanya terjadi karena cedera pada rotator cuff. Rotator cuff merupakan kumpulan otot dan tendon yang menjadi penopang persendian bahu. Namun, saat terjadi cedera, akan ada iritasi pada rotator cuff ini. Biasanya rentan dialami oleh para atlet atau orang yang berolahraga jenis tertentu secara rutin.

  • Masalah Jantung

Masalah jantung bisa menyebabkan gejala terasa nyeri di bahu sebelah kiri. Namun, ada juga nyeri bahu bagian kanan menjadi pertanda seseorang mengalami masalah di jantung. Meskipun gejala ini memang jarang terjadi. Yang pasti, jika Anda merasa nyeri di pundak tanpa alasan yang jelas, sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

Gejala yang juga terasa ketika nyeri pada bahu bagian kanan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan jantung, yaitu:

  1. Detak jantung lebih cepat
  2. Terasa nyeri di dada
  3. Penderita sulit bernapas
  4. Mual dan muntah
  5. Rasa nyeri akan meluas hingga ke bagian rahang
  6. Keluar keringat berlebih
  7. Sakit kepala

Cara Mengobati Nyeri Bahu Sebelah Kanan

Rasa nyeri yang terasa biasanya akan sembuh sendiri untuk kasus ringan hingga sedang. Ada dapat melakukan perawatan atau pengobatan sendiri di rumah.

Perawatan rumahan dapat menyembuhkan nyeri pada bahu atau leher seiring dengan waktu. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Mengkonsumsi obat antiinflamasi
  2. Mengompres bagian yang terasa nyeri
  3. Mandi air hangat
  4. Menggerakkan leher dengan lembut dari sisi satu ke sisi yang lainnya
  5. Melakukan peregangan otot dengan lembut
  6. Meskipun sedang sakit atau terasa nyeri, tapi usahakan untuk tetap beraktivitas
  7. Meminta seseorang untuk memijit area yang terasa nyeri dengan lembut
  8. Atur posisi tidur dengan satu bantal di atas kasur
  9. Kurangi stres dengan melakukan berbagai relaksasi seperti yoga ataupun meditasi.

Jika rasa nyeri pada bahu sebelah kanan tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari atau beberapa minggu, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. 

Biasanya dokter akan mengecek fisik dan mencatat riwayat kesehatan Anda. Dokter juga akan melakukan serangkaian pengujian lain untuk mendiagnosis masalah nyeri bahu sebelah kanan yang Anda alami. Sehingga dokter akan memberikan perawatan dan penanganan sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*