Perkembangan Janin pada Usia Hamil 23 Minggu

Bagi para ibu hamil, salah satu hal yang dinantikan adalah menunggu kelahiran sang anak, namun sebelum itu tentu si ibu terlebih dahulu ingin mengetahui bagaimana kondisi sang anak yang masih dalam kandungan. Secara umum para ibu tentu angat antusias menanti kelahiran anak setelah memasuki usia hamil 23 minggu.

hamil 23 minggu

Dalam usia kehamilan ini para ibu hamil mulai rutin melakukan pemeriksaan kondisi kehamilan, seperti mengecek keadaan janin dalam kandungan secara rutin. Selain itu juga sering melakukan konsultasi dan bertanya kepada dokter kandungan jika khawatir terjadi sesuatu pada rahim. Seiring menghitung berapa lama lagi waktu hingga kelahiran anak

Usia Hamil 23 Minggu

Pada usia ini pembuluh darah di paru-paru janin mulai berkembang dan bersiap untuk bernapas, telinga janin mengalami perkembangan. Semakin tajam menangkap suara dari luar meski masih samar, nantinya suara tersebut tidak akan terasa asing terhadap indera pendengarannya saat bayi dilahirkan.

Perkembangan janin pada usia kelahiran ini juga memungkinkan para ibu mendengarkan suara detak jantung janin melalui stetoskop. Sebelumnya, hal ini hanya bisa dilakukan melalui alat usg, kini stetoskop dokter mampu menangkap suara dari bayi yang masih dalam kandungan. Kondisi ini juga bisa dimanfaatkan ibu atau ayah memperdengarkan musik bagi sang anak.

Tak hanya perut si ibu yang akan semakin membuncit, beberapa bagian tubuh lain juga mulai mengalami perubahan. Seperti kaki ibu, mulai membengkak, membuat sepatu dan sandal tak lagi nyaman untuk digunakan, kondisi berdiri terlalu lama menjadi melelahkan. Selain itu, telapak tangan dan kaki rentan terkena serangan ruam.

Kemudian strecth mark pada tubuh bermunculan dan tak jarang membuat ibu menjadi tak percaya diri, disarankan untuk tidak panik ketika mendapati adanya garis gelap yang membenyang di antara pusar dan area kewanitaan. Garis tersebut merupakan linea nigra, kondisi ini terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon kehamilan.

Kondisi Bayi

Cairan ketuban yang melingkupi janin merupakan tempat yang paling sempurna dalam bertumbuhnya janin menjadi bayi dan terlahir sehat. Air ketuban dapat memberi kehangatan, melindungi dari infeksi, dan cocok untuk mengapungkan tubuhnya dalam rahim. Sebagai informasi, cairan ketuban berisi sekitar segelas besar cairan yang berganti setiap tiga sampai empat jam sekali.

Dalam usia kehamilan yang ke-23 minggu, bayi tampa seperti baru lahir, kecil dan kurus, beratnya sekitar 0,45 kg dan ukuran panjangnya sekitar 22,9 hingga 25,4 cm. Atau jika ingin diperjelas, ukurannya sekitar panjang boneka barbie.

Hal yang Harus Dilakukan Ibu

Pendidikan tentang kelahiran anak dirancang mulai pada usia kehamilan yang ke-23 minggu, sangat disarankan bagi ibu untuk mendaftar kursus yang berakhir sekurang-kurangnya beberapa minggu sebelum perkiraan kehaliran si bayi.

Selain itu konsumsi zat besi juga sangat diperlukan, hal ini digunakan guna menghindari kebanyakan kondisi ibu hamil yang anemia. Beberapa gejala seperti kelelahan, rasa lemah, lemas, napas pendek dan bahkan hingga jatuh pingsan.

Untuk menangani kondisi kekurangan darah merah ini sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi seperti hati, daging merah, sirup, sayur bayam dan yang lainnya.

Usia hamil 23 minggu memang terbilang fase penting dalam sebuah kehamilan, dokter juga tak akan segan merekomendasikan ibu hamil melakukan relaksasi, seperti rutin menjalankan yoga. Hal ini bisa membuat bu menjadi lebih gembira di saat merasa panik dan cemas yang melanda menjelang buah hati lahir ke dunia.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*