Perhatikan Makanan & Minuman yang Dapat Turunkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh didukung oleh keseimbangan gaya hidup yang sehat. Tidur yang cukup, olahraga, dan diet yang sehat berkontribusi untuk menjaga sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, tubuh akan mudah sakit.

Apakah makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh? Sayangnya, jawabannya adalah ya. Makanan atau minuman yang kita konsumsi berperan besar dalam memengaruhi kondisi tubuh kita, termasuk kekebalan tubuh. Lantas, apa saja bahan konsumsi yang tidak baik itu?

  • Alkohol

Beberapa macam alkohol (terutama minuman beralkohol dan anggur) mengandung jumlah gula yang tinggi, dan suatu penelitian mengatakan bahwa jumlah alkohol yang berlebihan juga dapat memengaruhi populasi mikroorganisme di usus atau mengubah integritas lapisan usus.

  • Minuman Berkafein

Jumlah waktu  tidur yang cukup sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kopi dan teh bersifat melindungi kesehatan, karena tingginya tingkat antioksidan yang dikaitkan dengan anti-peradangan. Namun, terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur, dan hasil itu dapat meningkatkan peradangan dan mengganggu kekebalan tubuh.

Untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh, kurangi minuman berkafein tanpa nutrisi yang dibuat dengan gula atau pemanis buatan, seperti soda dan minuman berenergi. Ketika menikmati kopi dan teh usahakan setidaknya enam jam sebelum waktu tidur untuk mencegah gangguan tidur.

  • Minyak Sayur dan Biji-bijian

Minyak olahan seperti kedelai, jagung, kanola, bunga matahari, safflower, dan minyak kacang, memiliki tingkat asam lemak tak jenuh ganda (terutama omega-6s) yang tinggi. Itu dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam asam lemak tubuh dan meningkatkan peradangan. Sebaiknya, masalaklah dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

  • Yogurt

Sebuah penelitian mengatakan bahwa tidak semua yogurt diciptakan sama, beberapa di antaranya ada yang menggunakan gula tambahan dan bahan buatan lain dalam produknya. Masalahnya, sering kali bahan buatan itu mengandungan sesuatu yang sama sekali tidak bermanfaat untuk kegiatan.

Meski keadaan probiotik di dalam usus amat penting lantaran dapat menyebabkan masalah pencernaan, akan tetapi menyuplai tubuh dengan yogurt yang tidak sedat juga bisa menimbulkan masalah baru. Jadi pastikan yogurt yang dipilih memberikan apa yang tubuh butuhkan.

  • Makanan Asinan

Sementara makanan asinan seperti sauerkraut atau kimchi mengandung banyak rasa dalam kalori yang sangat sedikit, seorang ahli kesehatan melaporkan bahwa makanan asinan juga dapat mengemas natrium raksasa, yang dapat menyebabkan dehidrasi, retensi cairan, dan bahkan memperburuk kondisi seperti penyakit ginjal.

  • Buah Kering atau Manisan Kalengan

Meskipun buah-buahan umumnya sehat, sangat penting untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak gula agar sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat. Kita harus mengurangi memakan buah-buahan kering atau kalengan, terutama kurma kering dan buah-buahan yang dikemas dalam jus atau sirup. Karena gula yang ditambahkan pada dasarnya dapat mengubah camilan sehat menjadi tidak sehat.

  • Sup Kalengan

Sup adalah makanan pokok yang enak yang bisa menyediakan protein, serat, dan nutrisi lain dari sayur atau bahan lain. Namun, mengonsumsi sup kalengan, meskipun enak, hal itu bukanlah menjadi pilihan baik untuk kesehatan. Banyak sup kalengan yang mengandung bahan buatan dan kadar natrium yang tinggi. Belum lagi bahan kimia yang dapat larut ke dalam sup dari kaleng. Sehingga patut diwaspadai akan kandungannya bagi kesehatan. Mungkin saja kandungan sup tersebut dapat mengganggu sistem kekebelan tubuh Anda.

***

Memilih makanan yang benar sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Kurangi makanan junk food serta makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, karena mereka tidak hanya memengaruhi berat badan Anda, tetapi juga memiliki kemungkinan menurunkan daya tahan tubuh terhadap bakteri dan virus.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*