Perkembangan Janin pada Usia Hamil 23 Minggu

Bagi para ibu hamil, salah satu hal yang dinantikan adalah menunggu kelahiran sang anak, namun sebelum itu tentu si ibu terlebih dahulu ingin mengetahui bagaimana kondisi sang anak yang masih dalam kandungan. Secara umum para ibu tentu angat antusias menanti kelahiran anak setelah memasuki usia hamil 23 minggu.

hamil 23 minggu

Dalam usia kehamilan ini para ibu hamil mulai rutin melakukan pemeriksaan kondisi kehamilan, seperti mengecek keadaan janin dalam kandungan secara rutin. Selain itu juga sering melakukan konsultasi dan bertanya kepada dokter kandungan jika khawatir terjadi sesuatu pada rahim. Seiring menghitung berapa lama lagi waktu hingga kelahiran anak

Usia Hamil 23 Minggu

Pada usia ini pembuluh darah di paru-paru janin mulai berkembang dan bersiap untuk bernapas, telinga janin mengalami perkembangan. Semakin tajam menangkap suara dari luar meski masih samar, nantinya suara tersebut tidak akan terasa asing terhadap indera pendengarannya saat bayi dilahirkan.

Perkembangan janin pada usia kelahiran ini juga memungkinkan para ibu mendengarkan suara detak jantung janin melalui stetoskop. Sebelumnya, hal ini hanya bisa dilakukan melalui alat usg, kini stetoskop dokter mampu menangkap suara dari bayi yang masih dalam kandungan. Kondisi ini juga bisa dimanfaatkan ibu atau ayah memperdengarkan musik bagi sang anak.

Tak hanya perut si ibu yang akan semakin membuncit, beberapa bagian tubuh lain juga mulai mengalami perubahan. Seperti kaki ibu, mulai membengkak, membuat sepatu dan sandal tak lagi nyaman untuk digunakan, kondisi berdiri terlalu lama menjadi melelahkan. Selain itu, telapak tangan dan kaki rentan terkena serangan ruam.

Kemudian strecth mark pada tubuh bermunculan dan tak jarang membuat ibu menjadi tak percaya diri, disarankan untuk tidak panik ketika mendapati adanya garis gelap yang membenyang di antara pusar dan area kewanitaan. Garis tersebut merupakan linea nigra, kondisi ini terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon kehamilan.

Kondisi Bayi

Cairan ketuban yang melingkupi janin merupakan tempat yang paling sempurna dalam bertumbuhnya janin menjadi bayi dan terlahir sehat. Air ketuban dapat memberi kehangatan, melindungi dari infeksi, dan cocok untuk mengapungkan tubuhnya dalam rahim. Sebagai informasi, cairan ketuban berisi sekitar segelas besar cairan yang berganti setiap tiga sampai empat jam sekali.

Dalam usia kehamilan yang ke-23 minggu, bayi tampa seperti baru lahir, kecil dan kurus, beratnya sekitar 0,45 kg dan ukuran panjangnya sekitar 22,9 hingga 25,4 cm. Atau jika ingin diperjelas, ukurannya sekitar panjang boneka barbie.

Hal yang Harus Dilakukan Ibu

Pendidikan tentang kelahiran anak dirancang mulai pada usia kehamilan yang ke-23 minggu, sangat disarankan bagi ibu untuk mendaftar kursus yang berakhir sekurang-kurangnya beberapa minggu sebelum perkiraan kehaliran si bayi.

Selain itu konsumsi zat besi juga sangat diperlukan, hal ini digunakan guna menghindari kebanyakan kondisi ibu hamil yang anemia. Beberapa gejala seperti kelelahan, rasa lemah, lemas, napas pendek dan bahkan hingga jatuh pingsan.

Untuk menangani kondisi kekurangan darah merah ini sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi seperti hati, daging merah, sirup, sayur bayam dan yang lainnya.

Usia hamil 23 minggu memang terbilang fase penting dalam sebuah kehamilan, dokter juga tak akan segan merekomendasikan ibu hamil melakukan relaksasi, seperti rutin menjalankan yoga. Hal ini bisa membuat bu menjadi lebih gembira di saat merasa panik dan cemas yang melanda menjelang buah hati lahir ke dunia.

Read More

Tanam Benang Hidung Vs Filler, Mana yang Lebih Baik?

Hidung adalah salah satu bagian tubuh di wajah yang paling menonjol. Ketika Anda meihat seseorang, hidung menjadi hal yang langsung terlihat. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang ingin memiliki hidung yang sempurna dengan berbagai cara.

Semakin berkembangnya dunia kecantikan dan berbagai inovasi, Anda bisa mendapatkan hidung yang sempurna sesuai dengan keinginan Anda tanpa melakukan operasi. Tanam benang hidung dan filler hidung. Kedua metode tersebut adalah cara untuk mensiasati keelastisan hidung yang berkurang karena faktor usia. Namun, cara tersebut pun biasa dilakukan untuk menambah rasa percaya diri seseorang. Lalu mana yang lebih baik diantara keduanya?

Tanam benang hidung

Metode tanam benang pada hidung adalah mengubah bentuk sesuai dengan keinginan Anda. Tanam benang adalah salah satu prosedur yang tergolong aman dan efektif. Metode ini menggunakan benang polydioxanone (PDO) yang aman dan dapat diserap oleh tubuh.

Prosesnya pun terbilang sangat cepat, yaitu kurang dari satu jam, dan Anda dapat langsung melanjutkan aktivitas lainnya setelah proses perawatan. Pada saat tindakan, dokter akan menggunakan anastesi lokal dan memasukkan benang halus pada sepanjang batang hidung dan dinding yang membagi antara kedua rongga hidung. Pemasangan tersebut adalah untuk memberikan gambaran bagaimana proyeksi bentuk hidung Anda nantinya.

Jumlah benang yang dibutuhkan pun akan bervariasi, tergantung kebutuhan dari setiap individu. Konsultasikan dengan dokter terkait bentuk hidung yang Anda inginkan.

Apakah tanam benang hidung memiliki efek samping?

Karena benang DPO dapat diserap oleh tubuh dengan sangat baik, maka umumnya tidak akan ada efek samping. Akan tetapi rasa sakit dan bengkak adalah hal yang normal terjadi setelah memasukkan benang ke hidung. Namun, efek samping ini akan segera mereda dan hilang setelah beberapa hari.

Tanam benang akan bertahan selama 1-2 tahun  dan mengulang perawatan pada bulan ke sembilan setelah perawatan awal.

Filler hidung

Perawatan filler biasanya dilakukan dengan melakukan penyuntikan gel Hyluronic Acid (HA) ke dalam kulit hidung. Hal ini dilakukan untuk menambahkan volume hidung secara cepat, sehingga hidung menjadi lebih berisi dan lebih mancung seperti yang Anda inginkan.

Gel HA yang digunakan dalam filler tergolong gel yang aman dan dapat menyerap ke dalam kulit dengan baik. Tindakan ini pun dilakukan dengan anastesi lokal pada hidung, untuk selanjutnya dokter akan menyuntikkan gel HA ke jembatan dan ujung hidung Anda untuk memberikan ketinggian dan proyeksi.

Efek samping filler hidung

Pada metode ini, efek samping yang biasanya muncul adalah pembengkakan ringan atau kemerahan umumnya terjadi pada daerah yang disuntikkan. Beberapa memar pun bisa terjadi pada beberapa orang. Namun, efek samping ini akan mereda dan hilang dalam satu atau dua hari.

Jika filler hidung ini dilakukan oleh orang yang tidak profesional maka bisa nyebabkan infeksi atau komplikasi vascular seperti nekrosis kulit hingga kebutaan. Meskipun hal tersebut jarang terjadi, tetapi ada baiknya untuk memilih dokter atau salon kecantikan yang dapat dipercaya.

Berbeda dengan tanam benang hidung, filler ini hanya dapat bertahan selama 1 tahun saja. Dan, Anda dapat mengulangnya secara teratur, tergantung konsultasi Anda dengan dokter, karena tiap individu akan berbeda-beda.

Jadi lebih baik mana, tanam benang hidung atau filler hidung?

Manfaat tanam benang, meliputi:

  • Mampu mengangkat ujung hidung
  • Rasa sakit hidung setelah perawatan sekitar 2 hari
  • Memperbaiki kontur hidung
  • Hidung lebih tajam atau lebih tegas
  • Ujung hidung lebih tajam dan kecil
  • Memiliki jembatan (hidung yang lebih ramping
  • Mendapatkan definisi hidung yang lebih baik
  • Mengurangi lebar hidung
  • Biasanya, harga sedikit lebih mahal daripada filler

Manfaat filler hidung, meliputi:

  • Mampu mengangkat ujung hidung lebih baik daripada metode tanam benang hidung
  • Memberikan tinggi pada batang hidung
  • Hidung lebih lurus
  • Memberikan pengalaman untuk membuat hidung persis seperti yang Anda inginkan
  • Umumnya harga lebih murah daripada tanam benang

Faktor risiko tanam benang hidung:

  • Pembengkakan dan rasa nyeri beberapa hari setelah perawatan
  • Infeksi dapat terjadi jika tidak dilakukan dengan benar dan profesional
  • Titik tanam benang dapat menyebabkan jaringan parut jika dokter tidak berpengalaman
  • Benang dapat kelura jika dimasukkan dengan tidak benar

Faktor risiko filler hidung:

  • Dapat menyebabkan nekrosis kulit dan menyebabkan kebutaan jika dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman atau dokter gadungan
  • Bisa menyebar dan menyebabkan hidung menjadi lebih lebar

Memilih untuk melakukan tanam benang hidung ataupun filler adalah keputusan Anda. Perawatan apapun yang akan Anda pilih nantinya, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang baik buruknya mengenai perawatan tersebut. Jangan lupa untuk mendapatkan dokter yang benar-benar berpengalaman dalam melakukan perawatan tersebut, sehingga tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari.

Read More

Sering Merasa Nyeri Bahu Sebelah Kanan? Ini Penyebabnya!

Nyeri bahu kanan dapat disebabkan oleh hal sepele hingga penyakit berat

Nyeri pada otot yang terasa dapat mengganggu produktivitas sehari-hari. Salah satu nyeri otot yang dimaksud adalah nyeri bahu. Kondisi ini memang umum terjadi pada siapa saja. Namun, masalah kesehatan ini tidak boleh disepelekan. Bahkan ada orang yang mengalami nyeri bahu sebelah kanan saja. Pertanda apakah?

Secara umum, nyeri bahu sebelah kanan bisa disebabkan oleh adanya cedera atau penggunaan otot berlebihan hingga akibat adanya kerusakan saraf di area tersebut. 

Namun, perlu diperhatikan juga. Terkadang nyeri bahu sebelah kanan ini tidak melulu terkait dengan akibat adanya aktivitas fisik atau mengalami cedera saja. Kadang, kondisi ini menjadi gejala serangan jantung.

Penyebab Terasa Nyeri Bahu Sebelah Kanan

Secara umum, ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya rasa nyeri bahu sebelah kanan yang mungkin sering Anda alami, yaitu:

  • Penggunaan Otot Berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan dapat memicu terjadinya rasa nyeri di bagian bahu sebelah kanan. Anda akan mengalami gejala-gejala berupa otot nyeri dan lelah sebagai gejala awal. Kemudian setelah beberapa jam, akan muncul gejala baru. Cara terbaik untuk menguranginya adalah dengan melakukan pijit diri sendiri.

  • Swimmer’s shoulder

Swimmer’s shoulder adalah cedera bahu karena aktivitas berenang. Perenang mungkin akan rentan mengalami kondisi ini akibat melakukan pengulangan gerakan selama latihan. Jenis cedera yang terjadi juga beragam, seperti masalah pada tulang rawan, tendon, struktur persendian bahu, hingga masalah saraf.

Untuk penanganan cedera ini, biasanya dokter akan menyarankan agar beristirahat, kompres es batu, mengkonsumsi obat anti-peradangan nonsteroid, atau suntik steroid ke bahu. Jika sudah parah, mungkin saja akan dilakukan operasi sebagai alternatifnya.

  • Brachial Neuritis

Penyebab nyeri bahu sebelah kanan selanjutnya adalah jenis masalah saraf periferal yang dapat menyerang bahu, dada, lengan, hingga tangan. Gejala awal yang biasanya terjadi adalah terasa nyeri di bagian tubuh dan saraf yang tidak berfungsi secara optimal. Biasanya gejala akan terasa di bagian sisi tubuh yang lebih dominan saja.

Penyebab brachial neuritis ini biasanya karena infeksi bakteri, parasit, atau virus. Bagian luar bahu akan terasa nyeri secara mendadak bahkan akan semakin meningkat saat malam hari.

  • Disuse Syndrome

Tidak menggunakan bahu secara optimal untuk beraktivitas juga menyebabkan rasa nyeri. Disuse syndrome ini biasanya muncul karena kondisi fisik yang tidak aktif selama durasi waktu tertentu. Kondisi ini sering dialami oleh orang yang menjalani bedrest cukup lama.

Otot akan terasa kaku, lemah, menyusut, bahkan rentan mengalami cedera. Akan tetapi, jika kondisi disuse syndrome ini terjadi akibat kelumpuhan, maka biasanya ditangani dengan terapi.

  • Cedera Rotator Cuff

Nyeri bahu sebelah kanan juga biasanya terjadi karena cedera pada rotator cuff. Rotator cuff merupakan kumpulan otot dan tendon yang menjadi penopang persendian bahu. Namun, saat terjadi cedera, akan ada iritasi pada rotator cuff ini. Biasanya rentan dialami oleh para atlet atau orang yang berolahraga jenis tertentu secara rutin.

  • Masalah Jantung

Masalah jantung bisa menyebabkan gejala terasa nyeri di bahu sebelah kiri. Namun, ada juga nyeri bahu bagian kanan menjadi pertanda seseorang mengalami masalah di jantung. Meskipun gejala ini memang jarang terjadi. Yang pasti, jika Anda merasa nyeri di pundak tanpa alasan yang jelas, sebaiknya segera mencari pertolongan medis.

Gejala yang juga terasa ketika nyeri pada bahu bagian kanan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan jantung, yaitu:

  1. Detak jantung lebih cepat
  2. Terasa nyeri di dada
  3. Penderita sulit bernapas
  4. Mual dan muntah
  5. Rasa nyeri akan meluas hingga ke bagian rahang
  6. Keluar keringat berlebih
  7. Sakit kepala

Cara Mengobati Nyeri Bahu Sebelah Kanan

Rasa nyeri yang terasa biasanya akan sembuh sendiri untuk kasus ringan hingga sedang. Ada dapat melakukan perawatan atau pengobatan sendiri di rumah.

Perawatan rumahan dapat menyembuhkan nyeri pada bahu atau leher seiring dengan waktu. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Mengkonsumsi obat antiinflamasi
  2. Mengompres bagian yang terasa nyeri
  3. Mandi air hangat
  4. Menggerakkan leher dengan lembut dari sisi satu ke sisi yang lainnya
  5. Melakukan peregangan otot dengan lembut
  6. Meskipun sedang sakit atau terasa nyeri, tapi usahakan untuk tetap beraktivitas
  7. Meminta seseorang untuk memijit area yang terasa nyeri dengan lembut
  8. Atur posisi tidur dengan satu bantal di atas kasur
  9. Kurangi stres dengan melakukan berbagai relaksasi seperti yoga ataupun meditasi.

Jika rasa nyeri pada bahu sebelah kanan tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari atau beberapa minggu, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. 

Biasanya dokter akan mengecek fisik dan mencatat riwayat kesehatan Anda. Dokter juga akan melakukan serangkaian pengujian lain untuk mendiagnosis masalah nyeri bahu sebelah kanan yang Anda alami. Sehingga dokter akan memberikan perawatan dan penanganan sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut.

Read More

Alternatif Pengganti Hydroquinone yang Cenderung Lebih Aman

Ada begitu banyak zat atau bahan yang dapat digunakan sebagai skincare atau perawatan kulit. Dimulai dari bahan alami hingga produk buatan pabrik. Di antara itu, manfaat yang dihasilkan berasal dari kandungan atau senyawa kimiawi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah hydroquinone.

Hydroquinone atau hidrokuinon merupakan agen atau zat pencerah dan pemutih kulit. Ia bekerja dengan mengurangi jumlah melanosit dalam kulit. Melanosit sendiri merupakan sel yang diperlukan untuk memproduksi melanin, agen pemberi warna pada kulit seseorang.

Masalahnya, zat ini banyak mendapat sorotan lantaran dinilai kontraproduktif terhadap narasi yang dibangun. Hydroquinone disebut-sebut lebih banyak menghadirkan efek samping atau risiko bagi kulit ketimbang manfaatnya.

Bahkan, penggunaan zat ini tidak boleh sembarangan karena masuk ke dalam golongan obat keras. Walaupun belum atau tidak dilarang secara resmi, seseorang harus mendapatkan “lampu hijau” dari dokter agar dapat memanfaatkannya.

Dengan kenyataan itu tentu saja banyak orang yang mengurungkan niat, meski kita tahu zat ini bisa dijadikan sebagai andalan. Namun, jangan khawatir, ternyata di sekitar kita banyak terdapat alternatif pengganti hydroquinone.

Selain dapat menghadirkan manfaat yang tak jauh berbeda, bahan-bahan di bawah ini cenderung lebih aman ketimbang hydroquinone, berikut di antaranya:

  • Glycolic Acid

Glycolic acid merupakan salah satu alpha hydroxy acid (AHA) yang berfungsi untuk eksfoliasi kulit. Produk ini merupakan pilihan tepat untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi ringan hingga sedang.

Karena sifatnya yang mampu meresap hingga kulit dalam, alternatif pengganti hydroquinone ini dapat bekerja sangat cepat meningkatkan produksi kolagen. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati jika ingin menggunakan produk ini, sebab asam glikolat termasuk zat berisiko tinggi.

  • Alpha Arbutin

Alpha arbutin merupakan kandungan yang didapat dari ekstrak buah bearberry. Ini merupakan zat dengan struktur kimia yang mirip dengan hydroquinone sehingga dikatakan sebagai turunannya. Namun, alpha arbutin ini lebih halus atau aman bagi kulit lantaran sifat senyawa biosintesisnya murni dan mudah larut dalam air. Selain itu, zat ini cocok untuk segala jenis kulit, baik kering maupun berminyak.

Arbutin juga lebih aman untuk penggunaan jangka panjang dibandingkan hydroquinone. Kandungan ini bekerja dengan menekan pertumbuhan tyrosinase atau warna pigment cokelat yang dihasilkan sel melanosit untuk memblok terjadinya melanin dan penggelapan warna kulit karena paparan sinar matahari.

  • Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk lain dari Vitamin B3. Produk pencerah dengan kekuatan luar biasa ini bekerja dengan menghambat pigmentasi kulit. Kandungan ini juga punya kekuatan melembapkan kulit dengan cara bekerja meningkatkan produksi ceramide atau komponen penting dari penghalang lipid kulit.

Niacinamide juga berguna untuk membantu menciptakan penghalang lipid epidermal pada kulit sehingga mencegah terjadinya Trans Epidermal Water Loss, atau kondisi kulit kehilangan cairan. Alhasil, kulit seseorang bisa mempertahankan kelembapan alaminya.

  • Vitamin C

Vitamin C sudah lama terkenal sebagai zat antioksidan tinggi yang efektif melawan radikal bebas dan penuaan kulit. Bentuk vitamin C yang paling efektif dan stabil adalah L-Ascorbic acid. Kandungan ini bekerja paling efektif dengan konsentrasi 5% atau lebih. Lebih lembut di kulit dibandingkan dengan hydroquinone.

Kendati cenderung lebih aman ketimbang hydroquinone, bagi Anda pemilik kulit sensitive tetap harus hati-hati ketika menggunakan vitamin C. Karena penggunaan vitamin C pada kulit sensitif juga berpotensi menimbulkan iritasi. Baiknya, hindari pemakaian vitamin C dengan kadar lebih dari 5%.

  • Ekstrak Licorice

Licorice merupakan bahan alami yang mengandung glabirin dan berfungsi untuk menghambat tyrosinase serta mencegah pigementasi akibat sinar UVB. Kandungan vitamin B1, B3, B5, dan vitamin E dalam licorice cukup tinggi, sehingga membantu melembapkan kulit serta mengurangi peradangan.

Licori didapat dari ekstraksi akar manis. Bahan ini sudah kerap digunakan sebagai penyembuh luka dan jerawat pada kulit. Kandungan ini cocok bagi semua jenis kulit termasuk kulit yang sangat sensitif.

***

Mungkin satu dari beberapa alternatif pengganti hydroquinone di atas mampu menarik perhatian dan minat Anda. Silakan saja dipilih atau dicoba zat atau bahan yang dinilai paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jangan lupakan fakta bahwa lebih bijak jika Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter atau tenaga medis yang memiliki kualifikasi terkait hal ini untuk menghindari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

Read More

Alasan Kenapa Biji Apel Beracun

Apel merupakan buah yang populer dan sehat, selain enak apel merupakan salah satu buah yang mudah untuk ditemukan. Namun apakah Anda pernah mendengar bahwa biji apel beracun?

Berbeda dengan manisnya buah ap, biji hitam kecil di dalamnya adalah cerita lain. Mereka mengandung amygdalin, zat yang melepaskan sianida saat bersentuhan dengan enzim pencernaan manusia. Tetapi toksisitas akut jarang terjadi jika Anda secara tidak sengaja memakan beberapa bijinya.

Sianida adalah bahan kimia yang dikenal sebagai salah satu racun paling mematikan.  Bahan kimia ini telah digunakan dalam perang kimia dan bunuh diri massal. Banyak senyawa yang mengandung sianida disebut sianoglikosida ditemukan di alam, seringkali pada biji buah dan amygdalin adalah salah satunya.

Ketika Anda mengunyah biji apel, amygdalin bisa dilepaskan ke dalam tubuh Anda dan menghasilkan sianida. Jumlah kecil dapat didetoksifikasi oleh enzim di tubuh Anda.  Namun, dalam jumlah besar bahan kimia ini bisa berbahaya dan beracun.

Ketika dimetabolisme dalam sistem pencernaan Anda, bahan kimia tersebut terurai menjadi hidrogen sianida (HCN) yang sangat beracun. Dan dosis HCN yang mematikan dapat membunuh Anda hanya dalam beberapa menit.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 1–2 mg / kg adalah dosis oral sianida yang fatal dengan berat 70 kg pada laki-laki. Sebagian besar inti apel mengandung sekitar 5 biji apel. Namun, jumlah tersebut akan berbeda-beda berdasarkan kesehatan tanaman. Anda perlu mengunyah dan memakan sekitar 200 biji apel, atau sekitar 40 inti apel, untuk mendapatkan dosis yang fatal.

Agency for Toxic Substances & Disease Registry (ATSDR) mengatakan bahwa paparan sianida dalam jumlah kecil pun bisa berbahaya. Sianida dapat membahayakan jantung dan otak Anda, bahkan menyebabkan koma dan kematian. ATSDR menambahkan bahwa orang harus menghindari makan biji apel, dan biji buah yang meliputi:

  • Persik
  • Aprikot
  • Ceri

Gejala keracunan sianida bisa terjadi dengan cepat. Gejala termasuk sesak napas dan kejang, keduanya bisa menyebabkan hilangnya kesadaran

Biji apel memang bisa jadi beracun, tetapi dibutuhkan cukup banyak biji apel untuk membunuh Anda dan hanya jika sudah dihancurkan. Biji apel dan benih tanaman terkait, seperti pir dan ceri mengandung amygdalin, glikosida sianogenik yang terdiri dari sianida dan gula. 

Meskipun memerlukan dosis tertentu untuk membuat biji apel beracun, Anda tetap disarankan untuk menghindari biji apel.

Read More

Hadapi Quarter Life Crisis dengan Melakukan Hal Ini

Pernahkah Anda merasa tak punya tujuan hidup? Atau, Anda merasa gelisah dan rendah diri karena hidup yang dijalani tak sesuai dengan harapan? Jika Anda merasakan hal-hal ini, bisa jadi Anda tengah berada di situasi quarter life crisis.

quarter life crisis

Apa itu quarter life crisis?

Quarter life crisis merupakan masa yang dilalui dalam rentang usia 20-30 tahun, atau saat Anda memasuki kehidupan dewasa. Saat melewati masa ini, Anda mungkin akan merasa cemas memikirkan masa depan, terutama saat Anda baru saja lulus kuliah atau memasuki dunia kerja.

Menurut ilmuwan, usia 25 hingga 30 tahun adalah masa ketika seseorang cenderung melihat masa depan. Hal ini didorong oleh pengalaman baru yang telah didapat dalam jenjang karier pertama atau pendidikan formal. Pada masa ini, Anda mungkin merasa bahwa apa yang Anda jalani selama ini tidak sesuai dengan diri Anda.

Berbeda dengan mid life crisis dan late life crisis, masa quarter life crisis lebih banyak dipicu oleh faktor-faktor yang muncul dari dalam diri, seperti pertanyaan tentang apa yang ingin Anda lakukan di masa depan dan siapa diri Anda sebenarnya. Pertanyaan ini bisa muncul dari harapan dan ekspektasi yang kita miliki saat kecil.

Seseorang bisa merasa semakin gelisah pada masa depannya apabila Anda merasa tidak memiliki tujuan apa pun, atau memiliki tujuan namun tujuan tersebut sangat tidak realistis. Dengan kata lain, kecemasan yang Anda rasakan pada masa ini berpusat pada rasa frustasi Anda sendiri terhadap tekanan untuk memiliki kehidupan yang sesuai dengan ekspektasi.

Cara menghadapi quarter life crisis

Quarter life crisis adalah periode yang pasti akan dilalui oleh semua orang saat menginjak usia awal 20-30 tahun. Pada masa ini, sangat wajar bila Anda merasa cemas dan terus memikirkan masa depan Anda.

Terlalu mecemaskan masa depan bisa memberikan pengaruh negatif bagi kondisi mental Anda. Oleh sebab itu, untuk bisa mengatasi quarter life crisis, Anda bisa melakukan beberapa upaya berikut ini:

  • Tetap tenang dan jangan panik

Saat memasuki quarter life crisis, Anda mungkin menyadari bahwa apa yang Anda jalani selama ini bukanlah kehidupan yang sebenarnya Anda inginkan. Kebanyakan orang menjadi panik ketika menyadari bahwa mereka telah menjalani hidup mereka pada jalan yang salah. Namun, kepanikan ini sebetulnya tidak perlu terjadi.

Ketika Anda merasa salah jalan, tetaplah tenang dan pikirkan solusi yang tepat. Rasa panik dan upaya untuk tergesa-gesa memperbaiki jalan hidup hanya akan membuat Anda semakin khawatir.

  • Kenali petunjuk pribadi

Setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai apa yang penting dan tidak. Anda perlu mengetahui apa yang Anda rasa penting di usia Anda saat ini agar bisa mendapatkan arah yang jelas dalam hidup.

Untuk dapat mengetahui apa yang Anda anggap penting, Anda bisa mencoba untuk menanyakan hal-hal ini pada diri sendiri: apa yang Anda sukai, apa keahlian Anda, dan apa yang dunia butuhkan.

  • Rencanakan tindakan berikutnya

Setelah mengetahui apa yang menjadi kesenangan dan keahlian Anda, kini saatnya untuk membuat perencanaan. Pikirkan apa yang akan Anda lakukan, yang kira-kira sejalan dengan keahlian serta hal yang Anda sukai.

Jangan mencari-cari alasan untuk menunda langkah berikutnya. Anda harus bisa bertanggung jawab dan memiliki komitmen untuk menghidup kehidupan Anda sendiri. Itulah hal-hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi quarter life crisis. Jangan terlalu cemas pada masa ini, karena ini adalah hal yang wajar dan pasti dilalui oleh semua orang.

Read More

Mitos dan Fakta tentang Daging Kambing

Saat Idhul Adha tentu menjadi momentum bagi kebanyakan orang untuk mengonsumsi banyak daging, baik daging sapi atau daging kambing. Anda mungkin menyantap daging tersebut dengan cara dibuat sate kambing, gulai, atau kambing panggang. Pesta daging ini terkadang membuat orang lupa diri hingga mengonsumsi daging tersebut secara berlebihan. Perilaku berlebihan ini tentunya tidak baik untuk kesehatan Anda. Ditambah lagi, ada mitos popular yang diwariskan turun-temurun dalam masyarakat bahwa makan daging kambing dapat menyebabkan darah tinggi.

Pada umumnya daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Akan tetapi, daging kambing ternyata memiliki lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan daging sapi atau ayam. Pada seporsi daging kambing (sekitar 85 gram atau sebesar potongan steak) hanya mengandung 0,79 gram lemak jenuh. Sementara, seporsi daging sapi mengandung 3,0 gram lemak jenuh, serta seporsi daging ayam mengandung 1,7 gram lemak jenuh. 

Faktanya, daging kambing juga bukan pemicu darah tinggi. Hanya saja, daging kambing bisa menimbulkan efek termogenik yang seringkali dianggap sebagai tanda tekanan darah tinggi hipertensi. Efek termogenik ini berupa panas yang dihasilkan dari metabolisme suatu bahan makanan dalam tubuh sehingga memberi sensasi hangat. Sementara itu, jika Anda menganggap kemunculan gejala terkena hipertensi disebabkan oleh konsumsi daging kambing, maka Anda keliru. Sebab, yang menyebabkan darah tinggi bukanlah daging kambingnya, melainkan garam yang digunakan sebagai bumbu masakan.

Penggunaan garam secara berlebihan mampu menyebabkan darah tinggi. Garam mengandung unsur natrium yang berfungsi mengatur air dalam tubuh. Natrium dalam jumlah yang besar mengakibatkan semakin banyak air yang disimpan dalam pembuluh darah sehingga berisiko membuat tekanan darah meningkat. Penjelasan di atas juga didukung oleh sebuah penelitan yang menyatakan bahwa mengonsumsi daging kambing dalam jangka waktu yang lama tidak menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Namun, mengonsumsi hidangan daging kambing yang dimasak dengan kandungan garam tinggi sebagai bumbu dalam waktu yang lama, mampu memicu peningkatan tekanan darah dan penurunan fungsi ginjal. Oleh sebab itu, janganlah menggunakan bumbu penyedap bercita rasa asin ini secara berlebihan dalam mengolah makanan.

Kandungan kolesterol dan gizi pada daging kambing

Salah satu alasan daging kambing menjadi biang keladi tekanan darah tinggi adalah kandungan kolesterolnya yang tinggi. Argumen ini salah besar alias hoaks. Daging kambing justru memiliki total kalori, lemak, dan kolesterol yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi dan ayam. Pada seporsi daging kambing (sekitar 85 gram) mengandung 122 kalori, sementara seporsi daging sapi dan daging ayam masing-masing memiliki 179 dan 162 kalori.

Kandungan lemak pada daging kambing pun jauh lebih rendah ketimbang kedua daging lainnya. Seporsi daging kambing hanya memiliki 2,6 gram lemak, sedangkan daging sapi dan daging ayam masing-masing mengandung 7,9 dan 6,3 gram lemak.Fakta ini juga menunjukkan bahwa seporsi atau sekitar 85 gram daging kambing mampu memenuhi 4% dari kebutuhan lemak harian Anda.

Dari segi kolesterol, seporsi daging kambing mengandung 63,8 mg kolesterol. Angka tersebut juga lebih rendah ketimbang daging sapi (73,1 mg) dan daging ayam (76 mg).Bukan hanya itu, daging kambing juga memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam seporsi daging kambing, terkandung sekitar 3,2 mg zat besi. Angka tersebut lebih besar ketimbang daging sapi (2,9 mg) dan daging ayam (1,5 mg).

Namun, dari segi kandungan protein, daging kambing memang lebih rendah daripada daging sapi. Seporsi daging kambing mengandung sekitar 23 gram protein, sedangkan pada daging ayam dan sapi memiliki sekitar 25 gram protein. Meski lebih rendah kandungan proteinnya, seporsi daging kambing mampu memenuhi 46% kebutuhan protein harian tubuh. 

Read More

Manfaat Daun Peterseli Bagi Kesehatan Jantung dan Ginjal

Daun peterseli berbeda dengan daun ketumbar dan seledri

Daun peterseli merupakan tanaman rempah yang banyak digunakan pada masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Tanaman ini umumnya digunakan untuk meningkatkan rasa pada masakan seperti sup, salad, dan resep masakan berbahan ikan. Selain penggunaannya pada banyak masakan, daun peterseli mengandung nutrisi yang melimpah dan memiliki beragam manfaat kesehatan, terutama bagi kesehatan jantung dan ginjal. Artikel ini akan membahas bagaimana daun peterseli dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. 

Manfaat daun peterseli bagi kesehatan jantung

Kondisi kesehatan jantung seperti serangan jantung dan stroke merupakan penyebab kematian utama di seluruh dunia. Diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas atau olahraga, merokok, dan asupan alkohol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Daun peterseli mengandung senyawa tanaman, termasuk antioksidan karotenoid, yang telah diteliti memiliki manfaat kesehatan jantung dengan cara mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Misalnya, diet kaya carotenoid telah terbukti mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti peradangan kronis, dan juga tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol (jahat) LDL. 

Studi populasi juga mengindikasikan bahwa diet yang tinggi karotenoid dapat mengurangi risiko penyakit jantung seperti penyakit arteri koroner. Daun peterseli juga mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah studi pada lebih dari 13 ribu orang menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam kadar yang tinggi memiliki pengurangan risiko penyakit jantung yang signifikan apabila dibandingkan dengan mereka dengan asupan vitamin C rendah. 

Membantu menjaga kesehatan ginjal

Ginjal Anda adalah organ tubuh penting yang terus menerus menyaring darah dan membersihkan kotoran serta air berlebih, untuk kemudian dibuang dari dalam tubuh lewat air seni. Terkadang, saat urin menjadi terkonsentrasi, sisa-sisa tumpukan mineral dapat terbentuk dan menyebabkan sebuah kondisi menyakitkan yang disebut batu ginjal. Sebuah studi pada tikus yang menderita batu ginjal menunjukkan bahwa mereka yang dirawat menggunakan daun peterseli memiliki penurunan ekskresi protein dan kalsium urin, serta peningkatan PH urin dan buang air kecil dibandingkan dengan kelompok yang terkontrol. 

Daun peterseli juga menunjukkan memiliki sifat anti peradangan karena kandungan antioksidannya yang melimpah, yang terdiri dari flavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Daun peterseli juga dapat menjaga kesehatan ginjal Anda dengan menurunkan tekanan darah tinggi, yang mana merupakan faktor risiko utama penyakit ginjal. Daun peterseli juga mengandung nitrat, yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar serta menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian mengindikasikan konsumsi makanan yang tinggi nitrat dapat membantu menjaga level tekanan darah yang sehat. 

Sifat anti-peradangan dalam daun peterseli, bersamaan dengan kemampuannya dalam mengatur pH urin dan mengurangi tekanan darah, dapat membantu menjaga ginjal tetap sehat dan mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Namun, penting untuk diingat bahwa daun peterseli mengandung oksalat yang tinggi, sebuah senyawa yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Namun, para ahli kesehatan merekomendasikan hanya orang-orang yang memiliki hyperoxaluria, dikarakterisasikan dengan pengeluaran oksalat berlebih lewat air seni, yang perlu membatasi konsumsi oksalat setiap harinya. 

Kaya akan kandungan antioksidan dan nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, membuat daun peterseli sangat bermanfaat untuk meningkatkan gula darah dan mendukung kesehatan jantung, ginjal, dan tulang. Daun peterseli juga sangat versatile, dapat ditambahkan pada berbagai jenis masakan yang Anda sukai, seperti sup, salad, spaghetti, hingga saus.

Read More

Penglihatan Terancam karena Macam-macam Penyakit Retina

Penyakit mata yang bisa sangat memengaruhi penglihatan bukan hanya rabun ataupun katarak dan glaukoma. Nyatanya banyak jenis penyakit retina mata yang bisa memengaruhi kondisi penglihatan Anda. Rata-rata pula, penyakit yang terjadi di retina mata dinilai cukup gawat mengingat fungsi bagian mata yang satu ini sangat penting.

penyakit retina

Retina sendiri merupakan bagian mata yang berfungsi mengirimkan bayangan yang ditangkap mata untuk  kemudian ditransfer ke bagian otak guna bisa memperoleh gambar yang jelas. Jika retina terganggu, Anda akan sulit menentukan bayangan yang sedang Anda lihat. Keburaman sampai tidak mampu melihat sama sekali akhirnya menjadi risiko yang semakin jelas terjadi jika Anda terkena penyakit retina.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit retina yang mesti Anda waspadai. Pasalnya, berbagai penyakit di bawah ini sangat mengancam penglihatan Anda dan membutuhkan pengananan medis segera guna meminimalkan risiko keparahannya.

  1. Ablasi Retina

Jenis penyakit retina yang satu ini awa mulanya terjadi karena adanya cairan di bawah retina. Cairan tersebut menimbulkan risiko retina menjadi tersobek. Retina pun menjadi terangkat dan berpindah posisi dari tempat normalnya. Ablasi retina pada tahap awal akan membuat jaringan parut yang memberikan pandangan berbayang pada penderitanya. Namun jika sudah tahap parah, abalasi retina bahkan bisa mengakibatkan kebutaan yang bersifat permanen.

  • Lubang Makula

Retina bisa mengalami cacat yang umumnya terjadi di bagian belakang mata atau macula. Cacat yang dimaksud di sini dapat berbentuk lubang kecil di bagian retina sehingga membuat pandangan penderitanya menjadi tidak fokus dan berbayang. Umumnya, lubang makula pada retina terbentuk akibat adanya cedera yang dialami mata.

  • Deregenerasi Makula

Deregenrasi manula merupakan penyakit retina yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. Penderita penyakit ini terjadi karena menurunnya fungsi bagian tengah retina sehingga menimbukan penglihatan yang samar sekaligus menimbulkan titik buta. Deregenerasi makula sangat berhubungan dengan usia. Orang-orang dengan usia di atas 55 tahun lebih rentan terkena masalah penglihatan yang satu ini.

  • Retinitis Pigmentosa

Penyakit retina ini merupakan masalah gangguan penglihatan yang membuat fungsi fotoreseptor di retina menjadi berkurang dari waktu ke waktu. Merupakan jenis penyakit genetik, penderita yang terkena retinitis pigmentosa bisa kehilangan kemampuan melihat dari samping dan ketika malam hari. Sementara di luar kondisi tersebut, penglihatan penderita juga akan buram.

  • Retinopati Diabetik

Bagi penderita diabetes, ada suatu penyakit retina yang rentan diidap, yakni retinopati diabetik. Masalah penglihatan yang satu ini disebabkan adanya komplikasi diabetes yang menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah retina. Kerusakan tersebut membuat pandangan penderita menjadi kabur karena kondisi retina yang membengkak.

  • Floaters

Pernahkan Anda cenderung melihat bintik-bintik kecil dalam penglihatan Anda? Jangan dianggap remeh sebab kondisi tersebut merupakan jenis penyakit retina yang dikenal sebagai floaters. Kondisi gangguan penglihatan ini terjadi karena zat jeli yang dibentuk di mata mendadak menjadi lebih cair dan membentuk bayangan pada retina. Awal mulanya bintik-bintik yang Anda lihat akibat floaters hanya berupa titik kecil, namun bisa semakin membesar dan sangat mengganggu penglihatan secara menyeluruh jika dibiarkan lebih lama.

  • Retinopati Prematur

Anak yang terlahir prematur memiliki risiko terkena retinopati prematur. Ini merupakan penyakit retina yang disebabkan tidak sempurnanya perkembangan pembuluh darah di bola mata yang menyebabkan pendarahan pada retina. Pendarahan yang terjadi awalnya mungkin tidak terasa mengganggu penglihatan, namun risiko masalah penglihatan semakin terbuka lebar jika mata sedikit terkena cedera ataupun ketika seseorang tersebut terserang penyakit kronis lain.

*** Penglihatan yang terganggu tentu juga bisa sangat mengganggu aktivitas Anda. Karena itu, jika Anda merasakan gejala gangguan penglihatan, cobalah segera berkonsultasi ke dokter. Jangan-jangan gejala yang Anda rasakan tersebut merupakan jenis penyakit retina yang bisa semakin parah dari waktu ke waktu.

Read More

Menyiasati Kelebihan Asam Laktat dan Ubah Jadi Berharga

Olahraga atau aktivitas fisik memang jadi kebutuhan setiap manusia agar tubuh senantiasa bugar. Namun, di sisi lain, semua itu justru bisa berdampak negatif jika tak sesuai dengan yang seharusnya. Salah satu efek negatif yang mungkin timbul dari kelebihan intensitas olahraga atau aktivitas fisik adalah penumpukan asam laktat di otot maupun aliran darah.

Asam laktat merupakan hasil metabolisme karbohidrat tanpa menggunakan oksigen (metabolisme anaerob). Proses produksinya terjadi di dalam sel otot saat suplai oksigen tidak mencukupi untuk menunjang produksi energi. Penumpukan ini dapat muncul karena tubuh kekurangan oksigen untuk memecah glukosa di darah.

Nah, kondisi itulah yang pada akhirnya justru menyebabkan munculnya rasa pegal atau linu, alih-alih energi saat seseorang melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat. Selain itu, gejala seperti muntah, rasa lemah, keram otot, kesemutan, mati rasa, hingga napas pendek, dapat terjadi. Pada tahap yang lebih parah disertai gejala yang terus-menerus, Anda berisiko mengalami keadaan yang disebut asidosis laktat.

Bagaimana Cara Menyiasati Kelebihan Asam Laktat?

Merendam kaki atau bahkan seluruh tubuh di dalam air hangat setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat telah sejak dahulu kala telah diamini dapat membantu mengurangi rasa pegal dan nyeri otot.

Meski tidak diresmikan sebagai terapi atau pengobatan tradisional, cara ini terbukti ampuh mengatasi penumpukan asam laktat. Alasannya sederhana, air panas bisa memperlancar aliran darah, sementara aliran darah yang lancar akan membuat asam laktat yang menumpuk di otot kaki mudah larut dalam darah dan dibuang oleh tubuh.

Namun, yang perlu diperhatikan saat berendam air hangat adalah suhu dari air tersebut. Suhu air tidak boleh lebih dari 70 derajat untuk mencegah terjadi luka bakar.

Tak hanya itu, di Indonesia hal-hal tradisional seperti pijat dan urut juga telah dilakukan secara turun-temurun. Setelah perkembangan ilmu pengetahuan terjadi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa metode urut juga dipercaya dapat menjadi alternatif untuk mengurangi pegal-pegal. Bahkan dari sebuah penelitian, sebanyak 48% sampel mengakui bahwa dengan diurut pegal-pegal menjadi berkurang.

Lebih lanjut, untuk menunjang semua upaya di atas, dunia medis juga menganjurkan konsumsi multivitamin yang mengandung kalium dan magnesium aspartate. Multivitamin yang mengandung nutrisi-nutrisi itu tidak hanya mampu mengatasi pegal atau linu akibat penumpukan asam laktat. Zat-zat tersebut ternyata juga mampu mengubah asam laktat berlebih tadi menjadi energy yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cari multivitamin yang mengandung vitamin  B1, B6, B12, vitamin E, serta mineral, kalium, dan magnesium yang dapat membantu memelihara kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh. Aneka vitamin tersebut juga dapat membantu mengatasi rasa lelah, pegal, dan kram kesemutan.

Sedangkan kalium dan magnesium aspartat dapat membantu memelihara kesehatan untuk mengurai asam laktat (penyebab pegal-pegal dan otot kaku) yang menumpuk di otot untuk diubah menjadi energi.

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral makro, yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Selain mendukung fungsi saraf, magnesium juga diperlukan dalam relaksasi otot. Tak hanya itu, magnesium dibutuhkan untuk meredakan nyeri dan kejang otot, yang sering terjadi akibat penumpukan asam laktat.

Atau jika ingin mendapatkan nutrisi-nutrisi itu langsung dari “sumbernya”, seseorang bisa mengonsumsi sayuran hijau, kacangan-kacangan, dan polong-polongan. Hampir semua produk susu, termasuk yogurt kaya akan magnesium.

Berdasarkan kondisi di atas, yang harus menjadi perhatian adalah pola olahraga atau aktivitas kita sehari-hari. Olahraga memang baik dan amat dianjurkan, tetapi tetap harus mempertimbangkan banyak faktor lain agar tidak terjadi penumpukan asam laktat dan malah memberikan efek negatif terhadap tubuh kita.

Read More